Tuesday, December 18, 2012

Bedah Buku Curahan Hati

Kira-kira ada ngga ya yang setelah nonton Ada Apa Dengan Cinta? jadi punya BUKU CURHAT sama sahabat layaknya Cinta and the genk? Ada. Saya dan Astra salah duanya.

Maka di suatu hari yang cerah, kami berjanji untuk bertemu sambil membawa benda tersebut setelah terakhir kali membacanya sambil cekikikan bersama di kostan saya di Jakarta. Demi mendapat suasana nyaman tentram loh jinawi, terpilihlah toko donat plus kopi bernuansa coklat di sebuah pusat perbelanjaan yang agak sepi di kota Bogor.


Dan siang itupun kami kembali ke masa-masa di tahun 2002 hingga 2004 silam...

Seperti yang ditulis oleh Astra dalam Tumblr-nya, kami bersahabat dari kelas 1 SMA karena dipersatukan oleh... SHEILA ON 7. Dan selama hampir tiga tahun itu persahabatan kami nyaris tak pernah pudar karena setiap hari selalu menyempatkan bertemu untuk menyerahkan sebuah buku bersampul lucu yang diisi secara bergantian. Itulah buku curhat saya dan Astra. Biasa dibeli dari hasil perburuan di Gramedia atau toko ABC di Surya Kencana.
Selain Astra, saya juga pernah punya buku curhat bareng genk sedari SMP dan juga kuliah. Tapi tidak ada yang mengalahkan rekor keawetan dan jumlah buku curhat yang ditulis oleh saya dan Astra. Yes, kami punya EMPAT buku! Empat buku yang isinya curhatan semua.


Oke, sebenarnya ngga melulu curhat tentang kehidupan sehari-hari, keluarga, sekolah, atau juga gebetan. Isi buku-buku ini kebanyakan bercerita tentang band asal Jogja yang tadi saya sebutkan, terutama gitaris dan vokalisnya. Tentang Astra yang ngefans habis-habisan sama Eross dan saya yang tergila-gila pada Duta. Mulai dari lagu-lagu SO7, foto-foto mereka, ucapan selamat saat mereka ulang tahun, lalu kami yang daftar menjadi anggota SheilaGank, sampai tentang konser SO7 yang kami tonton semuanya ada di sini. Ada juga selipan tiket bioskop, pamflet acara sekolah, foto box, puisinya Astra, serta lembaran-lembaran kertas obrolan kami saat bosan di tempat les. Dan ternyata buku ini pun jadi saksi bisu ketika pertama kalinya saya suka sama Ariel xD


Ada tawa, haru, rindu, surprise, sampai geli sendiri saat membaca keempat buku tersebut. Kenangan demi kenangan muncul satu persatu hingga mengingatkan kembali hal-hal yang telah terlupakan setelah saya beranjak meninggalkan masa SMA. Dan saya sadar kalau buku-buku tersebut bukan sekadar buku curhat, melainkan harta yang selalu mengikat erat tali persahabatan saya dan Astra. Karena seberapa jauh dan lamanya kami berpisah, suatu saat akan kembali bertemu untuk membedah buku seperti yang kami lakukan hari itu. Menertawakan kebodohan demi kebodohan yang pernah terjadi di masa SMA dulu. Terpujilah orang yang menciptakan diary dan pencetus ide buku curhat dalam film AADC?

Maka waktu yang hanya beberapa jam saat itupun sebenarnya tidak cukup bagi kami untuk membaca kembali semua cerita yang telah tertulis. Namun karena khawatir akan diusir dari Jco setelah kelamaan duduk di sana, kamipun melangkah keluar dan menuju lantai atas untuk melakukan ritual selanjutnya: FOTO BOX!


No comments:

Post a Comment